STRATEGI PEMBELAJARAN
INSIDE OUTSIDE CIRCLE
DISUSUN OLEH :
HILDA MAULIA RAHMA
292010066-C
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA
2011/2012
MODEL PEMBELAJARAN IOC (INSIDE OUTSIDE CIRCLE)
Model Pembelajaran Inside- Outside- Circle
(Lingkaran Kecil-Lingkaran Besar) merupakan model pembelajaran dimana “Siswa
saling membagi informasi pada saat yang bersamaan, dengan pasangan yang berbeda
dengan singkat dan teratur”. Model ini dikembangkan pertama kali di Inggris oleh
Spencer Kagan untuk memberikan kesempatan agar siswa dapat saling berbagi
informasi dalam waktu yang bersamaan. Dengan adanya struktur yang jelas
memungkinkan siswa untuk berbagi dengan pasangan yang berbeda dengan singkat
dan teratur.
Pelaksanaan pembelajaran diskusi
dengan teknik Inside
Outside Circle ini
dilakukan berdasarkan
rencana awal yang
telah disusun peneliti
pada perencanaan tindakan. Kegiatan pembelajaran terdiri
atas tiga tahapan
yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan
akhir.
Pada kegiatan awal :
1.
Guru menjelaskan tujuan
pembelajaran/KD
2.
Siswa dibagi menjadi
beberapa kelompok beranggotakan 3-4 orang atau dapat juga
dalam kelas dibagi dalam 2 kelompok besar dan tiap kelompok terdiri dari 2
kelompok lingkaran.
Pada kegiatan inti :
1.
Guru membagi tugas pada tiap-tiap kelompok
untuk mencari informasi mengenai materi yang dibagikan
2.
Setiap kelompok belajar
mandiri, mencari informasi berdasarkan tugas yang diberikan
3.
Setelah selesai, maka
seluruh siswa berkumpul saling membaur (tidak berdasarkan kelompok)
4.
Separuh kelas lalu berdiri
membentuk lingkaran kecil dan menghadap keluar.
5.
Separuh kelas lainnya membentuk
lingkaran di luar lingkaran pertama, menghadap ke dalam.
6.
Dua siswa yang berpasangan dari
lingkaran kecil dan besar berbagi informasi. Pertukaran informasi ini bisa
dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang bersamaan.
7.
Kemudian siswa berada di
lingkaran kecil diam di tempat, sementara siswa yang berada di lingkaran besar
bergeser satu atau dua langkah searah jarum jam.
8.
Sekarang giliran siswa berada di
lingkaran besar yang membagi informasi. Demikian seterusnya, sampai seluruh
siswa selesai berbagi informasi.
Pada kegiatan akhir :
1.
Guru memberikan ulasan serta mengevaluasi
hasil dari kegiatan tersebut
2. Guru memberikan kesimpulan dapat juga dibuat sebagai
kontruksi terhadap pengetahuan yang diperoleh dari diskusi.
Kelebihan :
Mendapatkan informasi yang berbeda pada saat yang bersamaan.
Mendapatkan informasi yang berbeda pada saat yang bersamaan.
Kekurangan :
Membutuhkan ruang kelas yang besar.
Terlalu lama sehingga tidak konsentrasi dan disalahgunakan untuk bergurau, juga rumit untuk dilakukan.
Membutuhkan ruang kelas yang besar.
Terlalu lama sehingga tidak konsentrasi dan disalahgunakan untuk bergurau, juga rumit untuk dilakukan.
Materi yang cocok dengan model pembelajaran ini adalah :
1. IPA kelas 5 Bab V
Penyesuaian Makhluk Hidup
a. Penyesuaian diri pada hewan
1. Penyesuaian diri untuk memperoleh makanan.
2. Penyesuaian diri untuk melindungi diri dari musuhnya.
b. Penyesuaian
diri pada tumbuhan
1. Penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu.
2. Penyesuaian diri untuk melindungi diri dari musuhnya.
1. Penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu.
2. Penyesuaian diri untuk melindungi diri dari musuhnya.
Alasan :
Pada
pembelajaran dengan menggunakan model outside - inside - circle (lingkaran
besar - lingkaran kecil) ini. Terlebih dahulu guru menyampaikan informasi
dengan menjelaskan isi materi (penyesuaian makhluk hidup). Menurut saya materi
penyesuaian makhluk hidup sangat cocok untuk model outside - inside - circle
(lingkaran besar - lingkaran kecil). Karena materi ini sering ditemui anak
dalam kehidupan sehari-hari, melalui penjelasan dari guru tentang penyesuaian
makhluk hidup maka anak memadukan apa yang dilihatnya dalam kehidupan
sehari-hari dengan informasi yang disampaikan oleh guru, sehingga pada saat
anak membentuk lingkaran besar dan lingkaran kecil yang selanjutnya anak akan
menyampaikan informasi, anak mudah mengingat informasi yang akan dia sampaikan
kepada teman pasangannya, materi ini juga memiliki cakupan isi/materi yang
cukup banyak sehingga memudahkan guru untuk membagi materi sesuai dengan siswa
yang membentuk lingkaran, karna masing masing-masing anak membawa informasi
yang berbeda untuk teman pasangannya.
2. IPA Kelas 5 Bab XIV
Sumber Daya Alam
a. Sumber Daya Alam di Lingkungan Sekitar
1. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui
2. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui
2. IPA Kelas 5 Bab XIV
Sumber Daya Alam
a. Sumber Daya Alam di Lingkungan Sekitar
1. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui
2. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui
b. Penggunaan
Sumber Daya Alam
1. Mineral
2. Kegiatan manusia yang mengubah permukaan bumi
Alasan :
1. Mineral
2. Kegiatan manusia yang mengubah permukaan bumi
Alasan :
Pada
pembelajaran menggunakan model outside - inside - circle (lingkaran besar -
lingkaran kecil). saya materi ini cocok untuk model inside (outside - circle)
(lingkaran besar - lingkaran kecil) karena materinya dapat dikembangkan oleh
anak berdasarkan pengetahuan dan pengalaman mereka. Misalnya : materi tentang
kegiatan manusia yang mengubah permukaan bumi, jika guru menggunakan soal
pertanyaan dalam pertukaran pikiran dan informasi untuk setiap anak, maka mempermudah
pekerjaan guru dalam membuat pertanyaan, pertanyaan yang sama dapat diberikan
kepada beberapa anak, karena kemungkinan jawaban yang akan mereka dapat dari
teman pasangannya berbeda. Dengan model pembelajaran outside - inside - circle
materi akan mudah dipahami oleh anak karena materi ini dapat disampaikan dengan
singkat dan eratur, misalnya berkaitan dengan sumber daya alam yang dapat
diperbaharui, dan tidak dapat diperbaharui, sehingga dengan model pembelajaran
outside - inside - circle ini cakupan materi yang cukup luas dapat dipahami dan
dikembangkan oleh anak.
3. Pendidikan kewarganegaraan kls XI Semester II
Pentingnya nilai dalam kehidupan
Pentingnya nilai dalam kehidupan bangsa
Pancasila sebagai sumber nilai
a. Pancasila sebagai sumber nilai hokum
b. Pancasila sebagai sumber nilai etik
3. Pendidikan kewarganegaraan kls XI Semester II
Pentingnya nilai dalam kehidupan
Pentingnya nilai dalam kehidupan bangsa
Pancasila sebagai sumber nilai
a. Pancasila sebagai sumber nilai hokum
b. Pancasila sebagai sumber nilai etik
Alasan :
Menurut
saya materi ini cocok dan bias digunakan dalam model pembelajaran IOC
dikarnakan materi yang disampaikan tidak terlalu sulit dan melatih tingkat
pemikiran siswa karna yang dibahas dalam materi ini menyangkut kehidupan
sehari-hari dan bangsa.
Daftar Pustaka
http://wyw1d.wordpress.com/2009/11/10/model-pembelajaran-24-inside-outside-circle-spencer-kagan/. Rahmat Widodo. 10 November 2009
Tidak ada komentar:
Posting Komentar