RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : ...............
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas /Semester : V/ I
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran @ 35 menit
Pertemuan
Minggu ke 1-4 (8 × 35 menit)
A.
Standart Kompetensi :
6.
Memahami
sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun
B. Kompetensi
Dasar :
6.3.Menentukan
jarring-jaring berbagai bangun ruang sederhana
C. Indikator
·
Siswa mampu membuat jaring-jaring bangun
ruang sederhana
D. Tujuan Pembelajaran
·
Setelah melakukan kegiatan diskusi, siswa
mampu membuat jaring-jaring bangun ruang sederhana
E. Materi ajar
Sifat-sifat Bangun Datar dan Bangun Ruang
Menentukan Jaring-Jaring
Berbagai Bangun Ruang Sederhana
Jaring-jaring bangun ruang terdiri dari beberapa bangun datar yang dirangkai.
Jaring-jaring dapat dibuat dari berbagai
bangun ruang. Sebuah kotak mempunyai rusuk. Rusuk-rusuk itu juga
merupakan jaring-jaring. Jika sebuah kotak kita lepas perekatnya, maka akan terbentuk
jaring-jaring. Perhatikan gambar di bawah ini.
a.
Jaring-Jaring Kubus
Kubus
mempunyai lebih dari satu jaring-jaring.
b. Jaring-Jaring Balok
c. Jaring-Jaring Prisma Segitiga
d. Jaring-Jaring Limas Segiempat
e. Jaring-Jaring Tabung
f. Jaring-Jaring Kerucut
F. Alokasi Waktu
Pertemuan 1-4, 2 jam pelajaran
@35 menit
8 × 35 menit
G. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
·
Diskusi dengan teman sebangku
·
Induktif
·
Penugasan
·
Inkuari
H. Kegiatan Pembelajaran
& Kegiatan Pendahuluan
·
Siswa dan guru berdoa sesuai
dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk
mengawali pelajaran
·
Mempersiapkan sumber, bahan, dan sarana dalam
pembelajaran
·
Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan
pembelajaran
& Kegiatan Inti
Ø Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru :
·
Guru menyiapkan kepingan-kepingan kertas
untuk merakit jaring-jaring bangun ruang
·
Sebelum berdiskusi, guru menjelaskan sedikit
mengenai jaring-jaring bangun ruang
Ø Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru :
·
Guru membagi kelas dalam kelompok kecil yaitu
berpasangan
·
Guru membagi kepingan-kepingan kertas untuk
membuat jaring-jaring bangun ruang
·
Siswa berdiskusi dengan pasangannya dan
merakit kepingan-kepingan kertas sehingga dapat membentuk jaring-jaring bangun
ruang
·
Setelah siswa selesai merakit
kepingan-kepingan kertas itu kemudian siswa menempel hasil pekerjaannya di
depan kelas
·
Siswa membuat laporan dengan menggambar
jaring-jaring yang sudah dibuat di dalam buku
Ø Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
·
Memberikan umpan balik yang positif
·
Melakukan tanya jawab
& Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru :
·
Bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran
·
Melakukan penilain terhadap kegiatan yang
sudah dilaksanakan
·
Melakukan kegiatan tindak lanjut dari
kegiatan yang sudah dilakukan sepeti melakukan pengayaan
I. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Membuat jaring-jaring bangun ruang sederhana
|
Tugas Kelompok
|
Unjuk kerja
|
o Buatkanlah jaring-jaring bangun ruang dengan merakit
kepingan-kepingan kertas
|
Tugas Individu
|
Uraian
|
o Gambarlah jaring-jaring bangun ruang
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang
Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang
Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
& Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v
Untuk
siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
J. Sumber dan Bahan Belajar
·
Buku matematika kelas V
·
Kepingan-kepingan kertas untuk merakit bangun
ruang
·
Isolatip
·
Gunting
·
penggaris
Salatiga, 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas
.......................................
..............................................
NIP
: NIP
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar