Senin, 26 Maret 2012

model pembelajaran inside outside circle


STRATEGI PEMBELAJARAN
INSIDE OUTSIDE CIRCLE
 



DISUSUN OLEH :
HILDA MAULIA RAHMA
292010066-C





PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA
2011/2012


MODEL PEMBELAJARAN IOC (INSIDE OUTSIDE CIRCLE)
Model Pembelajaran Inside- Outside- Circle (Lingkaran Kecil-Lingkaran Besar) merupakan model pembelajaran dimana “Siswa saling membagi informasi pada saat yang bersamaan, dengan pasangan yang berbeda dengan singkat dan teratur”. Model  ini dikembangkan pertama kali di Inggris oleh Spencer Kagan untuk memberikan kesempatan agar siswa dapat saling berbagi informasi dalam waktu yang bersamaan. Dengan adanya struktur yang jelas memungkinkan siswa untuk berbagi dengan pasangan yang berbeda dengan singkat dan teratur.
Pelaksanaan pembelajaran  diskusi  dengan  teknik  Inside  Outside  Circle  ini  dilakukan berdasarkan   rencana  awal  yang  telah   disusun  peneliti  pada  perencanaan tindakan.  Kegiatan  pembelajaran  terdiri  atas  tiga  tahapan  yaitu  kegiatan  awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir.
Pada kegiatan awal :
1.      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran/KD
2.      Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok beranggotakan 3-4 orang atau dapat juga dalam kelas dibagi dalam 2 kelompok besar dan tiap kelompok terdiri dari 2 kelompok lingkaran.
Pada kegiatan inti :
1.      Guru membagi tugas pada tiap-tiap kelompok untuk mencari informasi mengenai materi yang dibagikan
2.      Setiap kelompok belajar mandiri, mencari informasi berdasarkan tugas yang diberikan
3.      Setelah selesai, maka seluruh siswa berkumpul saling membaur (tidak berdasarkan kelompok)
4.      Separuh kelas lalu berdiri membentuk lingkaran kecil dan menghadap keluar.
5.      Separuh kelas lainnya membentuk lingkaran di luar lingkaran pertama, menghadap ke dalam.
6.      Dua siswa yang berpasangan dari lingkaran kecil dan besar berbagi informasi. Pertukaran informasi ini bisa dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang bersamaan.
7.      Kemudian siswa berada di lingkaran kecil diam di tempat, sementara siswa yang berada di lingkaran besar bergeser satu atau dua langkah searah jarum jam.
8.      Sekarang giliran siswa berada di lingkaran besar yang membagi informasi. Demikian seterusnya, sampai seluruh siswa selesai berbagi informasi.
Pada kegiatan akhir :
1.      Guru memberikan ulasan serta mengevaluasi hasil dari kegiatan tersebut
2.      Guru memberikan kesimpulan dapat juga dibuat sebagai kontruksi terhadap pengetahuan yang diperoleh dari diskusi.
Kelebihan :
Mendapatkan informasi yang berbeda pada saat yang bersamaan.

Kekurangan :
 Membutuhkan ruang kelas yang besar.
 Terlalu lama sehingga tidak konsentrasi dan disalahgunakan untuk bergurau, juga rumit untuk dilakukan.
Materi yang cocok dengan model pembelajaran ini adalah :

1
.  IPA kelas 5 Bab V
Penyesuaian Makhluk Hidup
a. Penyesuaian diri pada hewan
1. Penyesuaian diri untuk memperoleh makanan.
2. Penyesuaian diri untuk melindungi diri dari musuhnya.

b. Penyesuaian diri pada tumbuhan
1. Penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu.
2. Penyesuaian diri untuk melindungi diri dari musuhnya.

Alasan :

Pada pembelajaran dengan menggunakan model outside - inside - circle (lingkaran besar - lingkaran kecil) ini. Terlebih dahulu guru menyampaikan informasi dengan menjelaskan isi materi (penyesuaian makhluk hidup). Menurut saya materi penyesuaian makhluk hidup sangat cocok untuk model outside - inside - circle (lingkaran besar - lingkaran kecil). Karena materi ini sering ditemui anak dalam kehidupan sehari-hari, melalui penjelasan dari guru tentang penyesuaian makhluk hidup maka anak memadukan apa yang dilihatnya dalam kehidupan sehari-hari dengan informasi yang disampaikan oleh guru, sehingga pada saat anak membentuk lingkaran besar dan lingkaran kecil yang selanjutnya anak akan menyampaikan informasi, anak mudah mengingat informasi yang akan dia sampaikan kepada teman pasangannya, materi ini juga memiliki cakupan isi/materi yang cukup banyak sehingga memudahkan guru untuk membagi materi sesuai dengan siswa yang membentuk lingkaran, karna masing masing-masing anak membawa informasi yang berbeda untuk teman pasangannya.

2. IPA Kelas 5 Bab XIV
Sumber Daya Alam
a. Sumber Daya Alam di Lingkungan Sekitar
1. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui
2. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui
b. Penggunaan Sumber Daya Alam
1. Mineral
2. Kegiatan manusia yang mengubah permukaan bumi

Alasan :

Pada pembelajaran menggunakan model outside - inside - circle (lingkaran besar - lingkaran kecil). saya materi ini cocok untuk model inside (outside - circle) (lingkaran besar - lingkaran kecil) karena materinya dapat dikembangkan oleh anak berdasarkan pengetahuan dan pengalaman mereka. Misalnya : materi tentang kegiatan manusia yang mengubah permukaan bumi, jika guru menggunakan soal pertanyaan dalam pertukaran pikiran dan informasi untuk setiap anak, maka mempermudah pekerjaan guru dalam membuat pertanyaan, pertanyaan yang sama dapat diberikan kepada beberapa anak, karena kemungkinan jawaban yang akan mereka dapat dari teman pasangannya berbeda. Dengan model pembelajaran outside - inside - circle materi akan mudah dipahami oleh anak karena materi ini dapat disampaikan dengan singkat dan eratur, misalnya berkaitan dengan sumber daya alam yang dapat diperbaharui, dan tidak dapat diperbaharui, sehingga dengan model pembelajaran outside - inside - circle ini cakupan materi yang cukup luas dapat dipahami dan dikembangkan oleh anak.

3. Pendidikan kewarganegaraan kls XI Semester II
Pentingnya nilai dalam kehidupan
 Pentingnya nilai dalam kehidupan bangsa

 Pancasila sebagai sumber nilai
a. Pancasila sebagai sumber nilai hokum
b. Pancasila sebagai sumber nilai etik

Alasan :
Menurut saya materi ini cocok dan bias digunakan dalam model pembelajaran IOC dikarnakan materi yang disampaikan tidak terlalu sulit dan melatih tingkat pemikiran siswa karna yang dibahas dalam materi ini menyangkut kehidupan sehari-hari dan bangsa.









Daftar Pustaka


Tidak ada komentar:

Posting Komentar